Kiat Berpuasa untuk Lanjut Usia


1. Kebutuhan kalori harus sama dengan kebutuhan kalori saat tidak berpuasa. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan pola makan, yaitu dengan mengonsumsi:

-40% kalori saat sahur
-50% kalori saat berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka/sebelum sholat maghrib dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib, dan
-10% kalori sisanya setelah sholat tarawih

2. Konsumsi cairan 30-50 cc/KgBB/hari atau setara dengan 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasi dengan cara sebagai berikut:

– 2 gelas air saat berbuka
– 3-4 gelas air setelah tarawih sampai dengan sebelum tidur
– Satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur
– 1-2 gelas saat sahur

3. Konsumsi air atau jus buah pada waktu antara berbuka puasa dan sebelum tidur.
4. Hindari terlalu banyak mengonsumsi es karena dapat menahan rasa kenyang sehingga konsumsi makanan lengkap akan berkurang.
5. Komposisi gizi harus seimbang.
6. Batasi makanan yang digoreng dan tinggi lemak
7. Saat sahur:

-batasi konsumsi teh atau kopi
-batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula
-dianjurkan untuk konsumsi makanan yang lambat dicerna dan tinggi serat.

8. Saat berbuka:

– Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, natrium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium
– baik untuk mengonsumsi pisang sebagai sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat

9. Cukupi konsumsi vitamin dan mineral
10. Waspadai terjadinya kekurangan cairan (dehidrasi)
11. Obat-obatan (bila ada) tetap harus dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

source: www.klikdokter.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: